Cerita Perjalanan Solo Backpacking (Sebuah Ilham)

Tiga belas tahun lalu; selain tembak menembak dalam permainan point blank di warnet, satu hal yang menyenangkan ketika pulang sekolah adalah menyalakan komputer lalu mengakses internet menggunakan modem smartfren. Tak pernah absen dengan forum semboyan35.com dan sesekali kaskus.us. Membaca thread tentang serunya perjalanan mengelilingi Pulau Jawa menggunakan kereta api dan ikut hanyut di dalamnya.

Juga tahun-tahun setelahnya tak pernah bosan membaca tulisan-tulisan travel blogger yang telah bepergian jauh dengan budget minim, bahkan seorang diri—solo backpacking. Perjalanan menuju Indonesia Timur begitu syahdu mereka ceritakan. Hal yang teringat dari tulisan mereka ketika mengarungi lautan menuju ujung negeri; "naik tra kenal, turun su jadi saudara."

Kini saya mencoba mewujudkan salah satu impian ini. "Mumpung lagi ada waktu dan rezeki lebih," pikir saya singkat. Walau belum bisa mencapai negeri-negeri yang ada di ujung timur sana, setidaknya saya bisa menyusuri kota-kota indah di bagian timur Jawa, hanyut dalam indahnya budaya Bali, kembali merasakan langit biru tanpa polusi, menikmati taburan bintang di malam hari, dan menapaki salah satu puncak tertinggi di bagian tengah negeri ini.



Cerita ini akan dibagikan menjadi beberapa bagian secara bertahap. Selamat menikmati!

Posting Komentar

0 Komentar