Toga; Tanaman Obat Keluarga yang Dipercaya Mampu Menangkal Virus Corona

Tanaman obat keluarga atau yang biasa disingkat Toga merupakan jenis tanaman herbal yang dibudidayakan di pekarangan rumah lalu hasilnya dimanfaatkan untuk kalangan keluarga. Tanaman ini bisa kita budidayakan sendiri karena perawatannya tergolong mudah. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya oleh masyarakat sebagai tanaman obat tradisional yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Berikut ini merupakan beberapa jenis Tanaman Toga yang berhasil saya tanam di pekarangan rumah:

1. Lengkuas (Alpinia Galanga)


Tanaman yang memiliki nama latin Alpinia Galanga ini merupakan tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk meningkatkan cita rasa sebuah masakan. Tak hanya itu, ternyata lengkuas juga memiliki manfaat lain jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa manfaatnya antara lain untuk meningkatkan kesuburan pria, meringankan batuk dan sakit tenggorokan, hingga membantu mencegah penyakit tumor dan kanker.

2. Kunyit (Curcuma Longa)


Tanaman yang biasa dijadikan pewarna alami (warna kuning) ini memiliki manfaat antara lain untuk meredakan sakit maag, mengurangi perut kembung, dan menjaga kesehatan jantung. Kunyit biasanya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jamu.

3. Temu Kunci (Boesenbergia Rotunda)


Tanaman temu kunci biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk membuat sayur bening. Namun ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Temu kunci dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit keputihan, masuk angin, dan panas dalam.

4. Sereh (Cymbopogon Citratus)


Selain memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, tanaman ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan karena mengandung vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi. Beberapa manfaat sereh antara lain untuk mengatasi gigi berlubang, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan berat badan. Selain itu, sereh biasanya juga dimanfaatkan menjadi minyak sereh yang memiliki aromaterapi menenangkan.

5. Jahe Merah (Zingiber Officinale var. Rubrum Rhizoma)


Siapa yang tak kenal jahe merah? Tanaman yang biasa dijadikan minuman wedang jahe ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat jahe antara lain untuk menghangatkan tubuh, meredakan sakit kepala, mengatasi masalah pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ternyata jahe merah disebut memiliki manfaat untuk menangkal virus corona karena mengandung zat curcumin yang dapat memperkuat imunitas tubuh.

Itulah beberapa Tanaman Toga yang berhasil saya tanam di pekarangan rumah. Bagaimana? Apakah teman-teman tertarik untuk membudidayakannya?

Tulisan dirangkum dari berbagai sumber.

Posting Komentar

0 Komentar