Wajar sih, namanya juga kerja pasti ada aja yang dikerjain. Belum lagi kerjaan lain yang di luar jobdesk. Iya apa iya?
Nah, biar kamu nggak stress dan bisa makin produktif dalam menghadapi kerjaan yang numpuk, kamu bisa simak tulisan ini sampai akhir.
Berikut ini 7 rahasia yang bikin kamu tetap chill walau kerjaan numpuk.
1. Kerjakan dengan Skala Prioritas
![]() |
Photo by Artem Podrez on pexels.com |
Pernah nggak kamu ngerasa kerjaan nggak selesai-selesai? Terus kamu bingung mau mulai dari mana? Skala prioritas kuncinya!
Kerjaan yang numpuk bukan berarti kamu harus kerjain semuanya dalam waktu yang bersamaan. Kamu bisa tentukan skala prioritas terlebih dahulu.
Pertama,
kamu harus memprioritaskan deadline dan urgensi dari tugas tersebut. Kalau
tugas tersebut sudah mepet deadline dan mendesak, kamu harus segera
mengerjakannya. Kalau deadline-nya masih lama, kamu bisa mengerjakan tugas yang
deadline-nya lebih awal. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif dalam
menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.
2. Berpikir Positif
![]() |
Photo by Julia Avamotive on pexels.com |
Daripada ngeluh terus-terusan dan bikin kepala makin pusing, coba kamu berpikir positif. Lihat tugas tersebut sebagai tantangan yang mengasyikkan. Misalnya kamu diminta membuat artikel yang menarik tentang perusahaanmu, kalau kamu ngerjainnya enjoy, pasti hasilnya bakal menarik.
Dengan
begitu kamu jadi terlatih untuk terus belajar dan mengembangkat skill yang
mungkin selama ini masih terpendam. Atau mungkin bisa jadi peluang buat
mendapatkan cuan tambahan. Benar apa betul?
3. Bangun Hubungan yang Baik dengan Teman Kantor
![]() |
Photo by Fauxels on pexels.com |
Kamu pernah punya teman kerja yang toxic? Gimana rasanya? Pasti nggak enak banget kan?
Sadar nggak sadar, teman kantor sangat berpengaruh dengan kualitas kerja dan kesehatan mental kamu. Teman kantor yang baik berpengaruh dengan kualitas kerja dan kesehatan mental yang baik. Begitu juga sebaliknya.
Membangun hubungan yang baik dengan teman kantor emang agak tricky, tapi kalau kamu udah nyaman sama teman kantormu, percaya nggak percaya kamu bakal semangat bangun pagi untuk segera bergegas ke kantor.
Circle yang positif akan selalu menghibur dan saling support. Kerjaan juga nggak bakal terasa berat, walau aslinya numpuk. Iya apa iya?
Terus
gimana kalau kamu udah coba bangun hubungan yang baik tapi teman kantormu nggak
ngasih feedback yang enak? Belajar bersikap cuek. Berangkat ke kantor, kerjakan
tugasmu, ambil gajimu, lalu pulang. Setuju ya?
4. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi
![]() |
Photo by Porapak Apichodilok on pexels.com |
Kerjaan yang numpuk bikin kamu nggak sempat meluangkan waktu untuk melakukan hobi. Waktu 24 jam dalam sehari seakan-akan cuma dihabiskan di depan laptop. Belum lagi kamu yang rumahnya jauh dari kantor, rasanya tua di jalan. Iya apa iya?
Biar kepala nggak rungkad, coba belajar luangkan waktu untuk melakukan hobi. Misalnya kamu suka dengerin musik atau sekedar scroll sosmed untuk mendapatkan informasi terkini, kamu bisa melakukannya saat jam istirahat atau ketika sedang berada di transportasi umum dari dan menuju kantor.
Atau
kamu yang hobi olahraga bisa meluangkan waktu di hari libur. Kalau nggak ada
libur gimana? Coba jalan kaki dari halte atau stasiun menuju kantor. Kan jalan
kaki termasuk olahraga. Betul apa betul?
5. Journaling
![]() |
Photo by Alina Vilchenko on pexels.com |
Pikiran mulai berisik gara-gara kerjaan yang numpuk? Coba sempatkan waktu untuk menulis apa pun yang ada di pikiranmu. Journaling bukan untuk dipublikasikan, jadi nggak ada salahnya kamu berkeluh kesah lewat tulisanmu.
Journaling
bisa dibilang sebagai salah satu cara agar kesehatan mental maupun fisikmu
tetap terjaga dengan baik. Journaling juga bisa membuatmu lebih aware dengan
kemungkinan buruk yang akan terjadi.
6. Tidur yang Berkualitas
![]() |
Photo by Andrea Piacquadio on pexels.com |
Gampang capek bukan karena waktu tidurmu yang kurang, tapi karena tidurmu yang tidak berkualitas. Tidur berkualitas memungkinkan tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat dengan optimal, sehingga kondisimu setelah bangun tidur merasa segar dan nggak gampang capek.
Beberapa tips agar tidurmu berkualitas antara lain istirahatkan pikiranmu sebelum tidur, buatlah suasana kamar tidur yang nyaman, dan tidur minimal 6 jam dalam sehari.
Kamu juga bisa tidur siang sekitar 15 menit. Hal ini dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa ngantuk.
Eits,
tapi tidur siang cuma bisa dilakukan kalau kamu punya waktu istirahat lebih,
ya. Jangan tidur waktu lagi kerja, biar nggak dikira magabut.
7. Tetap Bersyukur
![]() |
Photo by Andrea Piacquadio on pexels.com |
Bersyukur merupakan salah satu kunci agar kamu tetap chill walau kerjaan numpuk. Di luar sana ada banyak orang yang masih berjuang mencari kerja. Seribu kali apply tapi hasilnya nihil. Eh, atau kamu juga pernah ngerasain?
Percaya deh, lebih baik capek kerja daripada capek cari kerja. Apalagi ini udah mau Idul Fitri, seenggaknya kamu bisa menjawab saudara-saudaramu yang bertanya “kerja di mana? gajinya berapa?” Betul, nggak?
![]() |
Photo by Andrea Piacquadio on pexels.com |
Nah, itu dia 7 rahasia tetap chill walau kerjaan tetap numpuk. Gimana, masih nyaman sama cara kerja lama atau mau berubah biar kerjaan nggak numpuk lagi?
0 Komentar